28/03/09

layanan call center tiket kereta api


Mungkin diantara anda sudah ada yang tahu kalau PT.KAI juga di dukung layanan call center tapi bagi yang belum mengetahui baca selengkapnya di sini,yaitu ;
Pelanggan akan mendapatkan informasi mengenai kereta api juga dapat melakukan pemesanan dengan menelpon nomor 13897 melalui telepon genggam atau nomor 021-2350700 melalui telepon rumah.
Secara detil prosedur pemesanan tiket melalui Call Center adalah sebagai berikut :

1. Tekan 13897 (melalui HP GSM) atau 021-23507000

2. Pesan tiket yang dimaksud kepada operator (melayani H-30 hingga H-1 sebelum keberangkatan)

3. Pertransaksi maksimal melayani pemesanan 4 (empat) kursi untuk KA yang sama dalam satu waktu

4. Operator akan menanyakan :
a. Nama dan alamat calon penumpang (sesuai KTP/SIM/Kartu Identitas)
b. Nama dan kelas KA yang dipesan
c. Tanggal dan jam keberangkatan KA
d. Stasiun asal dan tujuan
e. Jumlah penumpang

5. Setelah reservasi selesai, calon penumpang akan menerima SMS berisi informasi tiket KA yang dipesan disertai kode pemesanan dan jumlah transaksi yang harus dibayar ke bank.

6. Konsumen membayar transaksi pemesanan tiket ke elektronik channel sesuai kode pemesanan atau ATM Bank.

7. Jangka waktu pembayaran adalah 3 jam dari waktu pemesanan apabila lewat dari 3 jam maka sistem akan secara otomatis menganggap batal transaksi tersebut.

8. Setelah pembayaran ke bank selesai, secara otomatis data dikirim ke PT KA dan tiket KA yang dipesan dapat dicetak.

9. Konsumen dapat mengambil tiket KA di loket stasiun dengan menyerahkan :
a. Struk ATM, apabila pembayaran via ATM
b. Kode pemesanan (untuk Internet Banking, SMS Banking dan Phone Banking), kesemuanya disertai fotocopy KTP/Kartu Identitas.

10. Setelah semuanya dipastikan sesuai maka petugas loket akan melakukan pencetakan tiket yang dipesan.

satu contoh :
Tuan Ali akan memesan tiket untuk KA.argo lawu tanggal 10 april 2009 sebanyak 2 tempat duduk asal jakarta tujuan solo untuk saudaranya yang bernama tuan Budi,maka tuan Ali harus menyatakan pesanannya atas nama tuan Budi dan setelah mendapat kode booking dan kode pembayaran maka kedua kode tersebut harus di informasikan kepada tuan Budi,maka kode pembayaran akan diterima oleh tuan Budi.tuan Ali tidak akan bisa mengambil tiket pesanannya kecuali menunjukan KTP tuan Budi dan melampirkan Fotocopy KTP atau identitas lainnya.
dan setelah selesai pembayaran hingga menjelang keberangkatan,calon penumpang dapat mengambil tiket di stasiun yang melayani pemesanan tiket yang telah di tentukan untuk mendapatkan tiket yang telah di pesan.yaitu,sebutkan nomor booking dan menyerahkan fotocopy KTP dari penumpang yang akan berangkat.
setelah di cek keabsahannya petugas loket akan menyerahkan tiket kepada calon penumpang tersebut.

So, apakah anda sudah mengerti...?

1 komentar:

biasmuda mengatakan...

kalau masih antri di loket sama aja dunx...tapi lumayan lah...tambah maju keretanya...juga tarifnya...