13/03/09

Electric gitar bermerk

Fender Stratocaster adalah gitar legenda, suaranya yang khas dan design yang bagus membuat saya jatuh cinta kepadanya.saya mulai bermain electic guitar saat duduk di kelas 1 sma sampai sekarang .
nggak jago-jago amat sih...yang penting bisa ngejreng bareng temen-temen distudio rental kesayangan namanya juga hobi ya dibela-belain.dan mengingat perkembangan musik tanah air jauh berkembang pesat terutama musik band, nggak ada salahnya kalau saya memberikan sedikit pengetahuan saya dibidang electric guitar.dan mencoba membahas sedikit tentang electic guitar bermerk dan kualitasnya dari manca negara dan Local punya yang mungkin dari sebagian anda sudah ada yang mengetahui sebelumnya.


1.Fender Stratocaster
Merupakan legenda dari guitar tokoh papan atas dunia yang asli buatan USA.dari semua pemain electric guitar didunia sudah tidak meragukan lagi soal sound dan kualitas dari guitar yang satu ini.seperi penyanyi dan gitaris Jimmi Hendrix yang memakai fender Stratocaster sebagai pegangannya dalam musik blues.untuk kategori ini boleh dibilang yang paling banyak mengadopsi merk fender juga grup band bonjovi yang memakai fender Stratocaster dengan tipe sesuai namanya yaitu fender Stratocaster richy sambora yang mengusung kategori jenis musik rock.dan guitaris-guitaris band seperti white lion,fire house,ingwy malmstein,eric Clapton dan masih banyak lagi untuk disebutkan satu persatu.
Soal harga tentu sebanding dengan kualitasnya ya kalau saya kira-kira dalam jumlah rupiah sekitar 6 jutaan itupun untuk electric guitar fender tipe yang paling bawah seperti fender Stratocaster tipe American Traditional.semakin tinggi tipe guitar tersebut semakin mahal harganya hingga puluhan juta rupiah yaitu electric guitar fender Artis series.dan di Indonesia juga sudah banyak yang memakai electri guitar bermerk fender ini.

2.Ibanez
Dari tampilan yang kelihatan gagah dengan suara yang sangar sepertinya cocok dengan namanya yaitu Ibanez keluaran jepang yang khusus ditujukan untuk jenis musik rock sudah tidak asing lagi di telinga anak musik rock zaman sekarang apalagi Indonesia yang suka meniru-nirukan gaya guitaris asal luar negri seperti:Paul gilbert (Mr.Big)dll.
Untuk tipe sepertinya Ibanez yang paling banyak yaitu:tipe RG series,S series ,artis series dan lain-lain,untuk harganyapun sama dari yang terendah yaitu RG series disusul tipe S series yang semakin mahal dan seterusnya.

3.Gibson
Termasuk electric guitar kesukaan saya juga.suaranya clinnya jernih mungkin yang paling bagus menurut saya.namun sayang,bobotnya yang berat membuat pundak saya terasa pegal.sehabis memainkanya.guitar Gibson ini berasal dari negri paman sam dan tak terhitung jumlah guitaris yang memakai merk guitar ini.misal: Slash(G”N”R)yang beraliran musik rock siap beraksi saat dipanggung,juga Garry Moore lagu balada yang enak didengar lewat sayatan gitarnya yang menggunakan guitar merk Gibson.sama seperti electric guitar fender,harga untuk guitar Gibson ini tergolong mahal dan langka untuk tipe-tipe tertentu


4.Washburn
Electric guitar yang satu ini juga cukup mempunyai nama dibelantara musik condong dengan warna musik rock yang kental seperti Extreem,Kiss dll.harganya relatif karna electric guitar ini tidak hanya berasal dari USA saja tapi ada juga yang buatan korea dan cina jadi untuk harga yang asli USA guitar ini ya lumayan.

5.Eppiphone
Electric guitar merk eppiphone ini juga sama seperti diatas yaitu sudah banyak buatan selain USAseperti korea dan cina.harga nggak mahal-malal amat sih.

6.Jackson
Mendengar nama electric guitar ini mengingatkan kita pada sebuah grup musik beraliran Metal yang tidak salah lagi dialah Metallica.malang melintang didunia musik metal cukup membuat sorak sorai penontonnya histeris dan menjerit mengikuti irama melody guitar dengan kecepatan skill guitarisnya.kalau anda seorang guitaris metal mungkin lebih cocok dengan guitar ini dan harganya juga bisa di bilang lumayan.

7.Yamaha
Kita tahu kalau Yamaha adalah perusahaan besar yang ada di Indonesia bahkan dinegara lainnya dan sepertinya tidak mau ketinggalan dalam urusan bermusik.ya…Yamaha yang berpusat di Negara jepang ini bukan hanya ahli didalam electric guitar saja tapi semua alat-alat musik di produksi.karna ini tentang electric guitar paling tidak saya kenal dengan guitaris asal Indonesia yang dulu sempat di endors oleh Yamaha yaitu Edo widiz yang menggunakan electric guitar merk Yamaha yang tentunya tipe electric guitarnya juga custom lho…
Untuk electric guitar Yamaha termasuk yang paling relatif harganya kita bisa memilih tipe electric guitar yang sesuai dengan kantong kita.mengapa…? karena kalau anda tidak mampu beli yang asli buatan jepang karena lebih mahal anda bisa beralih ke yang buatan local/Indonesia.harganya cukup murah berhubung pabrik pembuatannya ada di Jakarta.soal sound dan kualitsnya juga nggak bikin malu deh….

8.cort
Merk cort rasanya saya baru dengar,memang merk guitar ini tentu tidak setenar merk-merk electric guitar seperti diatas.tapi dari segi tampilan oke juga buat latihan-latihan disamping harga tidak terlalu mahal yaitu berkisar 1,5 juta sampai yang paling mahal 4 jutaan .merk guitar cort yang beredar di Indonesia kebanyakan buatan korea,cina mungkin ada juga buatan localnya.

9.samick
Samick produck asli Indonesia.pabrik guitar ini kalau tidak salah berlokasi di bogor dan untuk harganya bagi saya masih mahal mengingat samick buatan Indonesia seharusnya jangan bersaing dengan pasar korea dan cina ,kalau bisa harus lebih murah dari pada produck kore dan cina karna dijual dinegri sendiri.
Untuk sound dan kualitas boleh dibilang lumayan karna bahan-bahan nya diperoleh dari dalam negri.

10.prince
Ini dia yang saya tunggu-tunggu guitar ini banyak jenisnya atau tipenya dan yang paling penting adalah terjangkau yaitu murah. ya…memang electric guitar ini adalah asli buatan Indonesia yang pabrik pembuatannya ada di kota bandung.awalnya saya juga sempat memakai guitar ini.Tepatnya saat saya duduk dikelas 3 smp karna murah saya membeli electric guitar ini.suaranya memang tidak sebagus seperti yang anda bayang kan tapi karna saya masih pemula jadi tidak ada ruginya juga kok…!

Saya yakin disini mungkin belum semuanya saya beberkan karna saking banyaknya Negara-negara yang mampu bersaing dalam memproduksi electric guitar khususnya di Indonesia,
tapi paling tidak saya sudah memberikan gambaran mengenai electric guitar bermerk dan berkualitas kepada anda.

Namun hal yang harus diperhatikan apabila anda hendak membeli electric guitar baik di toko,pasar,atau dimall yaitu cobalah periksa merk buatannya asli atau tdak dan teliti jika memang anda ingin membeli produck yang asli dan cobalah suaranya (check sound) dengan menggunakan Amplyfier jangan sampai anda menyasal di kemudian hari karna suaranya tiba-tiba ada yang fals.
Satu tips lagi dari saya apabila anda hendak membeli electric guitar merk apa saja yaitu jangan sampai lupa membeli effecknya...!!!???

2 komentar:

AGL - Team mengatakan...

vote buat Fender Stratocaster, sekalian mohon izin bagi para gitarist yg ingin mengasah permainan gitar secara lengkap dan mendalami berbagai tehnik, silahkan kunjungi juga www.gitarzoom.blogspot.com, thx

Azka Gpr mengatakan...

Nah Betul Tuh Gan No Terakhir
"Prince" Gitar Yang Penting Gitar :D
Modelnya Entahlah Tapi Bentuk Gitar Elektirk Aja :D